Sabtu, 03 Mei 2008

Belajar Membuat Video Sederhana Dengan Movie Maker

A. PENDAHULUAN

1.1 Pendahuluan

Windows Movie Maker adalah suatu software yang disediakan oleh windows untuk membuat video sederhana. Windows Movie Maker sangat mudah untuk dioperasikan. Karena kemudahan inilah Windows Movir Maker cocok sebagai sarana belajar khususnya bagi pemula.

Karena hanya ditujukan pada pemula, kekurangan dari Windows Movie Maker adalah tidak tersedianya fasilitas-fasilitas yang lengkap seperti halnya software pembuat video yang lain.

Oelh karena itu, kita sebagai pemula lebih baik belajar dengan menggunakan Windows Movie Maker terlebih dahulu sebelum menggunakan software pembuat video lainnya yang lebih bagus.

1.2 Tujuan

Pembuatan laporan ini bertujuan untuk menjelaskan cara-cara mengoperasikan Windows Movie Maker. Selain itu, sebagai pemula, laporan ini bertujuan untuk menerapakan ilmu yag telah diperoleh selam abelajar menggunakan Windows Movie Maker.

B. ISI LAPORAN DAN LANGKAH-LANGKAH KERJANYA

Berikut ini adalah laporan yang berisi langkah-langkah kerja untuk membuat video sederhana dengan Windows Movie Maker.

Gambar 1

Untuk masuk ke dalam Windows Movie Maker adalah Start > All Programs > Windows Movie Maker.

Gambar 2

Jika muncul tampilan seperti diatas, berarti kita telah masuk pada Windows Movie Maker.

Gambar 3

Untuk mengimport gambar dari file ke dalam Windos Movie Maker, di dalam movie task pilih “import picture”. Kemudian pilih gambar yang akan diimport . jika sudah, klik “import”.

Gambar 4

Setelah itu, di dalam “collection” akan muncul gambar-gambar yang telah diimport.

Gambar 5

Jika ingin mengimport suara atau lagu, pada movie tasks pilih “import audio or music”. Setelah memilih suara atau lagu klik “import”.

Gambar 6

Maka lagu yang kita pilih akan muncul pada collection yang ada pada Windows Movie Maker.

Jika collection yang kita inginkan sudah lengkap maka kita siap utuk membuat video sederhana dengan Windows Movie Maker .

Gambar 7

Langkah pertama adalah memasukkan foto untuk pembuatan video. Caranya yaitu menarik foto ke tmpat yang telah disedikan dalam “story board”.

Gambar 8

Jika ingin menambahkan suara atau lagu pada video kita, caranya sama dengan ketika kita ingin memasukkan foto. Yaitu dengan menarik lagu yang kita pilih ke tempat yang telah tersedia pada timeline.

Gambar 9

Dalam video, kita dapat menambahkan “video transision”. Video transision maksudnya adalah efek yang muncul ketika gambar yang satu akan berpindah ke gambar yang lain. Video transision sudah disediakan di dalam Windows Movie Maker. Untuk menampilakn pilihan transision, caranya adalah pada toolbar pilih “video transision”.

Gambar 10

Untuk menambahkan “video transision” pada video, caranya sama dengan menambahkan gambar dan musik, yaitu dengan cara menarik ke tempat yang telah tersedia. Pada story board letak video transision terdapat diantara gambar yang telah kita pilih.

Gambar 11

Selain video transision, Windows Movie maker juga menyediakan “video effect”. “Video Effect” digunakan untuk memberikan effect pada gambar yang akan ditampilkan. Untuk menampilkan pilihan effect, caranya sama dengan menampilkan “video transision”. Hanya saja pada toolbar kita memilih “video effect”.

Gambar 12

Untuk menambahkan effect pada video kita caranya juga sama ketika kita ingin menambahkan video transision, yaitu dengan menarik ke tempat yang telah disediakan. Pada story board video effect terletak pada sudut bawah dari gambar.

Gambar 13

Dalam Windows Movie Maker kita juga dapat memberikan efek tulisan pada gambar. Caranya adalah, pada movie task kita pilih “make title and credits”. Setelah itu akan muncul tampilann seperti diatas. Pada tampilan tersebut terdapat berbagai pilihan untuk menambahkan tulisan. Yang pertama adalah “add title at the beginning”, maksudnya tulisan kita yang kita beri akan muncul diawal video. Kedua adalah “add title before the selected clip”, maksudnya tulisan kita akan muncul sebelum gambar. Yang ketiga adalah “add title on the selected clip”, maksudnya tulisan kita akan muncul bersamaan dengan munculnya gambar. Yang keempat adalah “add title after selected clip”, maksudnya tulisan akan muncul setelah gambar ditampilkan. Dan yang terakhir adalah “add credit at the end”, maksudnya tulisan akan muncul ketika video berakhir.

Gambar 14

Jika kita memilih salah satu dari pilihan tersebut, maka akan muncul tampilan seperti diatas. Kita tinggal menuliskan kalimat yang kita inginkan. Kita juga dapat membuat berbagai tampilan huruf, yaitu dengan memilih options yang ada dibawah kolom.

Gambar 15

Jika kita memilih “change the title animation”. Akan muncul pilihan animasi yang dapat dipakai. “Title animation” digunakan untuk menampilkan tulisan dengan efek animasi.

Gambar 16

Kita juga dapat mengganti jenis font dan warna dair tulisan kita. Yaitu dengan cara memilih “change the text and color”.

Gambar 17

Jika kita memilih “add credit at the end of movie” maka akan muncul tampilan seperti di atas. Kita tinggal memasukkan kalimat apa yang kita inginkan.

Gambar 18

Untuk option yang lain seperti “text animation” dan “text font color”, semuanya sama dengan yang lainnya.

Untuk penyimpanan file dalam Windows Movie Maker ada beberapa pilihan.

Gambar 19

Jika video kita belum selesai dan kita ingin mengedit lagi video kita, maka cara penyimpanannya sama seperti file lain yaitu dengan memilh File > Save as.

Gambar 20

Jika video yang kita edit telah selesai dan ingin menyimapan ke disk dan ingin bisa dilihat, maka cara penyimpanannya adalah, dalam movie task pilih “save to my computer”. Maka akan muncul tampilan seperti di atas. Dalam kotak dialog tersebut kita mengisi nama file video tersebut dan tempat file yang akan disimpan. Jika sudah klik “next”.

Gambar 21

Maka akan muncul settingan dari video kita. Kemudian klik “next” untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Gambar 22

Maka akan muncul tampilan seperti di atas, tunggu beberapa saat karena proses penyimpana video sedag berlangsung.

Gambar 23

Jika muncul tampilan seperti di atas, berarti video 1telah sukses disimpan. Dan proses pembuatan video telah selesai.

C. KESIMPULAN

Jika kita tertarik pada bidang multimedia dan kita ingin belajar membuat video, alangkah baiknya jika kita belajar membuat video sederhana dengan menggunakan Windows Movie Maker sebelum menggunakan software pembuat film lainnya. Karema pada Windows Movie Maker terdapat berbagai fasilitas yang cukup memudahkan kita untuk mengoperasikannya.

1 komentar:

Siswanto Siswanto mengatakan...

Kalo minat belajar video editing boleh gabung disini

http://make-own-video.blogspot.com/

salam